Langsung ke konten utama

Kita Semua Pahlawan

Hari Jumat ini bertepatan dengan tanggal 10 November 2017 dan juga merupakan hari Pahlawan. Selamat Hari Pahlawan ya sobat, semoga kita selalu bisa meneladani sifat kesatria dari para pahlawan kita terdahulu yang dengan susah payahnya merebut kemerdekaan negara Republik Indonesia ini. Dan mari kita berusaha sekuat tenaga untuk juga menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri, keluarga, Agama Islam dan Bangsa ini ke depannya. 

Sobat, mungkin banyak orang di kantor ku mengira, bahwa hanya sales lah yang bisa dikatakan pahlawan bagi mereka. Karena melalui sales, semua klien bisa didapatkan dan mempercayakan kirimannya pada perusahaan kami. Adanya klien dan melakukan pembayaran tepat waktu, sehingga bisa membuat neraca keuangan perusahaan stabil dan bisa menghidupi 60 Karyawan pada saat ini.

Padahal, jika hanya sales saja yang bekerja tanpa bantuan 58 karyawan lainnya + Kacab juga, tentu kita tidak akan bertumbuh dengan cepat seperti sekarang. Tugas pokok dan fungsi kita masing-masing sudah ada. Kita semua mengambil peran penting di sini. Jika satu saja yang tidak masuk, maka akan mulai merusak tatanan sistem yang telah kita bangun.

Kita ini adalah sebuah team kerja. Masing-masing memiliki peran. Sama seperti apa yang pernah saya tuliskan di blog ini juga dengan judul " Ketajaman Seorang Striker. " Boleh jadi sales merupakan seorang striker jika diibaratkan dengan sebuah team sepakbola. Jika hanya sales yang menendang ke gawang dan ternyata gol. Memang dari segi nama terpajang sebagai seorang pahlawan yang berkat kerja kerasnya membuahkan kemenangan bagi team mereka. Namun perlu diingat bahwa ada 10 orang lain yang be-rmain dibelakangnya, yang berusaha juga untuk bekerja keras bagaimana bola ini bisa sampai kepada seorang striker. Jika mereka tidak berusaha dengan keras, bagaimana mungkin striker akan bisa mendapatkan bola untuk di tendangkan ke gawang lawan?

Kita semua adalah pahlawan, pahlawan bagi diri kita sendiri, bagi perusahaan dan bagi keluarga kita tentunya. Dalam sebuah perusahaan apa pun bidang dan bagiannya semuanya sangat penting dan memiliki peran yang tidak bisa diremehkan oleh siapapun.  

Boleh jadi sales hanya mencari klien, kemudian bagian Operasional bagaimana mengurusi kiriman klien bisa terdelivery dengan baik, kemudian kurir pengantaran dengan semangatnya membuat kiriman tersebut sukses dengan cepat, baik dan aman tentunya. Tanpa jiwa pahlawan dari seorang kurir pick up, bisa jadi kiriman tidak ter pick up dengan baik dan cepat. Tanpa Entri Data Processing, tentunya inputan kiriman paket/dokumen tidak terkerjakan dengan cepat dan tidak ada yang salah entri. Tanpa staf cargo, tentu paket tidak akan bisa sampai cepat dalam mengantarkan ke bandara. Tidak adanya SPV Operasional, info penerbangan pun tidak akan sampai ke tangan cabang tujuan.

Bagaimana pun juga, tidak adanya data support dan customer service yang handal kita tidak akan bisa memberikan pelayanan prima ke klien. Begitu juga tanpa adanya call center tidak adanya saling komunikasi dengan semua pegawai di kota dan kabupaten dalam sumbar. Begitu juga tanpa adanya seorang finance yang kritis dan teliti, tentu pembayaran tidak akan tertagih dengan baik. Tanpa kontrol yang baik dari seorang Branch Manager, tentu operasional tidak akan berjalan dengan semulus ini.

Nah, terlihatkan semuanya penting. Semuanya adalah pahlawan, yang memberikan segalanya untuk kemajuan perusahaan. Satu orang tidak akan bisa membuat keberhasilan jika tidak ada support dari teman-teman se team. Maka dari itu, jangan anggap pekerjaan kita tidak terlalu penting. Tanpa sumbangsih kita, belum tentu kita akan sebanyak ini lagi karyawan untuk ke depannya. Bisa saja stagnan, atau lebih parah lagi berkurang jauh dari yang sudah ada saat ini. Tentu ini tidak kita inginkan bukan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te